followers

Senin, 05 Maret 2012

On Day Monday #29 | KILL THE LIAR

Hai hai semuanya. On Day Monday kali akan sejenak melihat-lihat Kota Malang, dan ternyata ada sesosok pemudi yang produktif dan punya bakat di bidang ilustrasi. Pemudi penggemar Mie Ayam ini mewadahi aktivitas kreatifnya dalam sebuah bendera bernama Kill The Liar. Mari kita simak obrolan dengan Chyntia Puspitasari. (-: 

1. Kenapa sih nama project/brandmu ini Kill The Liar?
Pertanyaan ini selalu keluar di setiap kesempatan haha.. Sebenernya bisa dikatakan ini adalah projek curhat terselubung dulunya :p Karena beberapa tahun silam sempat menjadi korban dari kebohongan maka akhirnya saya bertekad untuk membasmi segala bentuk kebohongan dengan menyebarkan tagline kill the liar. Ya biar yang hobi ngibul bisa kesentil dengan kata-kata 'kill the liar' malu dong pake barang tulisannya kill the liar tapi masih suka bohong.


2. Kalau saya lihat, kamu kan fokus ke ilustrasi digital ya.. lalu, gimana sih koneksinya antara kuliahmu di psikologi sama ber-ilustrasi?
Banyak yang mengira saya kuliah di design sebelumnya, karena memang dari SMP saya sudah mendambakan untuk kuliah disana. namun karena sepertinya di takdirkan Tuhan untuk 'menyembuhkan' diri di psikologi akhirnya saya tidak diterima di fakultas dkv dan malah masuk psikologi. 

Koneksinya bagaimana ya? Saya sendiri kadang bingung kalo harus mengkoneksikan dua hal yang berbeda tersebut, tapi kalo mau di hubung-hubungkan sih sama sama menggunakan lambang-lambang di dalam ilustrasi saya dimana sebenrnya menggambarkan perasaan terpendam yang bisa di baca menurut psikologis. (ini sok sokan jadi anak psikologi nih saya hahaha)


3. Apakah ada pengalaman buruk dalam berkarya? Misal dicopy atau jiplak dan lain sebagainya? gimana sih cara ‘menjaga’ mereka? Mau tipsnya dong.. 
Untuk saat ini kayanya saya belum menemukan ada yang mengcopy atau menjiplak sih. kalaupun nanti ketauan ya saya cuma berdehem semoga nanti matinya bisa tenang (kan kill the liar :D) untuk menjaga saya cukup bedoa kepada Tuhan dan pakai creative common license. Saya sebenarnya tau tentang CC ini sejak memakai akun di deviantart.com, di situ di jelaskan bahwa sang owner melarang karyanya dikomersilkan, diubah, dan diuangkan kecuali dengan perijinan dari si owner. Kemudian saya mengikutinya juga untuk ditaruh di blog saya. Lebih jelasnya silakan masuk ke http://creativecommons.org/ :)


4. Apa sih tips dari kamu untuk konsisten?
Saya menjaga konsistensi dengan cara tetap menjadi diri sendiri. Berkarya bukan untuk menjadi sorotan publik, bukan untuk membanggakan diri. Tapi untuk menyatakan pada dunia bahwa saya dapat memberikan kontribusi di dunia seni, memberikan keontentikan di tiap produk saya. Just be your self and proud to be ourself


5. Klien yang pernah kamu bikinin ilustrasi dari mana saja? Mau dong liat liat.. 
Dulu sempat menjadi designer clothing company lokal Malang selama setahunan, novel dari penulis Jakarta, cover year-book SMA N 3 Malang, beberapa artwork untuk band band local Malang dan ikut berkontribusi untuk beberapa edisi majalah FUR. Semoga ada klien klien baru lagi setelah membaca artikel ini :D





6. Secara teknis, gimana sih cara kamu bikin ilustrasi? Mungkin ada tips singkat atau tutorial singkat buat pembaca yang ingin menjadi illustrator jg..
Sebenarnya saya malah ga bisa lho buat gambar manual. Saya orangnya ga sabaran dan ga teliti. Makanya saya pake media digital hehe :D Jadi saya jelasin yang digital aja ya. kalau saya bikin ilustrasi menggunakan pen tablet di photoshop langsung. Menggunakan layer-layer untuk tiap warnanya, untuk artlinenya biasa memakai brush ukuran kecil dan hard. Saya suka digital daripada manual karena bisa di undo dan bisa di copy-paste :p. 

Tipsnya, ga pakai pen tablet juga bisa kok, tinggal gambar manual lalu discan dan baru di warnain di photoshop. Untuk ide sering sering aja main ke website-website ilustrator atau cukup menjelajah di facebook :D


7. Saya lihat, produk-produk Kill The Liar selalu sold out, apa saja sih yang ingin diutamakan dari produk2mu? 
Alhamdulillah iya :) Yang saya utamakan adalah keontentikan dan kuantitas dari tiap produk. Saya ga menjual produk lebih dari 12 item, karena siapa sih yang mau make barang sejuta umat? Semua orang pasti pingin cuma dia yang punya barang itu, maka dari itu saya mewujudkan hal tersebut :) Selain itu saya juga dalam rangka membudidayakan tote bag dimana kebanyakan mengira tote bag cuma buat cewek, padahal cowok juga bisa pake tote bag. 






8. Apa mimpi-mimpi ke depan Kill The Liar? 
Mimpi ke depannya untuk Kill The Liar, semoga semakin rajin dalam mengeluarkan merch, tidak kehabisan ide, dan bisa membasmi segala kebohongan di dunia hahahaha.. Oiya, saya punya mimpi ngasih kado buat anggota DPR kaos dengan tagline KILL THE LIAR, YOU LIE YOU DIE. Tapi saya takut malah di kira meneror -.-


9. Apa quote favoritmu?
Ah! Saya suka banyak quote! Tapi yang mengena: 
"never lie when the truth is more profitable" - Stanislaw Lec


Menarik sekali memang sosok bernama kecil Puput ini. Semoga cerita ini bisa menginspirasi siapa saja yang membacanya. Terima kasih mbak Puput (-: tetaplah menginspirasi ya.. ondee mandeeeee.. :D

Chyntia Puspitasari
blog : 
Twitter : 
Facebook : 

Tidak ada komentar:

Share This

Related Posts with Thumbnails