followers

Minggu, 17 Juni 2012

On Day Monday #44 - RACUN CINTA

Keracunan? siapa yang ingin? Tapi teman-teman dari Racun Cinta ini ingin meracuni kita dengan pesan-pesan khas Indonesia. Nah, pengen tahu lebih jauh tentang Racun Cinta? Mari kita simak On Day Monday kali ini. Silakan.. :)

Bayu Wuri Andhika, Nurrani Mustika & Namai Alia Shofia

Pertanyaan standar, apa cerita dibalik nama RACUN CINTA? sejak kapan berdiri dan siapa aja pelakunya?
Konsepnya sudah tertanam sejak kaki dan mata tersadar akan lingkungan sekitar yg penuh dengan banyak masalah sosial dan beragam budaya. Dengan sedikit uang jajan saat itu di tahun 2009 kami mengeluarkan produk pertama dan mengenalkannya kepada orang tua dan sanak saudara.  RACUNCINTA bukan singkatan yang menghasilkan kata asing. 2 buah kata Indonesia yang terkesan sederhana, merakyat dan kampungan bagi sebagian orang yang menyembah kekinian. Kata "RACUN" memiliki arti mempengaruhi, dan "CINTA" adalah perasaan menyenangi sesuatu maupun seseorang dengan/melalui berbagai cara. Dari pengertian tersebut, inti arti dari nama RacunCinta adalah mempengaruhi rakyat Indonesia yang melihat kami untuk lebih peduli terhadap LINGKUNGAN, menyayangi sesama MAKHLUK HIDUP(manusia, binatang, dan tumbuhan), juga semua hal yang berkaitan dengan negeri INDONESIA ini! RC hanya berdua saat itu.


Kenapa sih tema-nya Indonesia banget? Tujuannya apa?
Diakhir tahun 2009 produk bertemakan Indonesia masih sangat jarang ditemui. Kami merasa perlu untuk mengangkat tema Indonesia kembali. Tentu saja dengan "cara dan gaya" kami. Banyak yang bisa dibahas mengenai Indonesia, mulai dari ragam budaya, adat istiadat, kesenian, permainan, makhluk hidup, keindahan alam, lingkungan, sangat-sangat luas sekali bahkan kejadian nyata sehari-hari yang kita alami.

Tujuanya Mempengaruhi rakyat Indonesia terutama kaum muda (remaja dan dewasa) untuk lebih "menyukai" Indonesia. Sehingga RC bisa meracuni khususnya rakyat Indonesia untuk semakin mencintai lingkungan hidup dan dapat memberikan rasa bangga untuk yang melihat atau menggunakan produk karya anak negeri ini.


Mengingat sudah banyak produk-produk yang "Indonesia banget" saat ini, ciri khas apa sih yang ingin kalian tonjolkan? kenapa?
Alhamdulilah sudah diberikan kemampuan dalam menciptakan suatu karya. Kami menerapkannya di sandang karena lebih sangat efektif berkampanye lewat media tersebut. kami mengangkat hal yg berhubungan dengan keluarga petani. Karena kita semua berawal dari keluarga petani. Motif sketsa tangan juga mencirikan ilustrasi RC. Semua kata tanpa bahasa asing.



Apa aja sih produk-produk yang kalian hasilkan?
Sandang kaum pria, wanita dan anak, tas kanvas berbagai ukuran, selendang, kalung dan gelang.



Dalam perjalanan berkarya kalian, pasti menghadapi hambatan kan, nah apa aja hambatannya? dan menurut kalian, gimana sih cara-cara menghadapi hambatan-hambatan itu?
Tahun pertama karya kita tidak begitu diminati. Mungkin kita juga sulit mempromosikannya. Karena banyak faktor seperti tidak fokusnya lantaran saat itu masih kerja dengan perusahaan asing. Hingga tersita banyak waktu. Dan pada akhirnya memutuskan berhenti memilih berwirausaha dengan kemampuan sendiri. Menghadapi hambatan menurut kami diselesaikan secara diskusi dengan orang-orang sekitar mengurangi kegelisahan dan memunculkan ide-ide baru.


Apa aja nih rencana ke depan (cita-cita) RC?
Saat ini warung kecil pertama kita ada di Bintaro sektor 1 Jakarta Selatan. Nantinya kita ingin ada cabang lagi di kalimantan, Bali, Sulawesi, Sumatera, Medan dan seluruh Indonesia.


Apa quotes favorit kalian?
"SALAM KERAKYATAN SOSIAL BERBUDAYA"


Nah, masih takut teracuni? Semoga tidak ya.. teman-teman RC ini begitu giat mengolah racun-racun positif yang tidak membuat kita terbunuh berapa kali pun mengkonsumsinya. Semoga menginspirasi kita semua ya.. Ondee Mandee… :)

RACUN CINTA
Warung kecil dinding bata : 
Bintaro Utama 1 F1 No.21 Bintaro Jaya Sektor 1 
Jakarta-Selatan
Bintaro, Indonesia

Tidak ada komentar:

Share This

Related Posts with Thumbnails